Kadiskanla Indramayu Ajarkan Cara Membuat Bakso Ikan

Indramayu : 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu turun tangan langsung memberikan edukasi membuat makanan olahan berbahan dasar ikan pada kegiatan Sabtu Ceria yang digelar di Pendopo Kabupaten Indramayu, 

Bersama timnya, Kepala Diskanla Indramayu, Edi Umaedi tampak semangat mensosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada beberapa guru dan puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Lohbener.

Edi Umaedi memaparkan pentingnya mengonsumsi ikan sebagai salah satu pemenuh kebutuhan protein hewani bagi manusia. Hal ini dikarenakan ikan memiliki protein yang tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan harian protein manusia.

Selain itu Edi Umaedi juga menjelaskan, Kabupaten Indramayu merupakan daerah penghasil perikanan terbesar se-Jawa Barat dan menjadi pemasok terbesar kebutuhan ikan di Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan hal itu, sudah sewajarnya warga Indramayu menyenangi konsumsi ikan.

“Kita adalah penghasil ikan terbesar, maka seharusnya warganya gemar mengonsumsi ikan. Namun kadangkala orang enggan makan ikan karena baunya,atau karena durinya. Untuk itulah kami mengajarkan bagaimana cara pengolahan ikan supaya meningkatkan kegemaran masyarakat memakan ikan atau produk olahan ikan,” paparnya.

Pada kesempatan Sabtu Ceria kali ini, Edi Umaedi bersama timnya menjelaskan sekaligus mempraktikkan teknik pembuatan bakso ikan. Beberapa siswa SMPN 1 Lohbener ikut serta langsung dalam praktik pembuatan bakso ikan.

“Yang lazim dibuat bakso ikan adalah ikan tenggiri dan ikan tongkol. Namun berbagai jenis ikan lainnya pun dapat dibuat bakso ikan. Akan tetapi ada beberapa yang kurang sesuai seperti ikan bandeng, karena terkendala dengan durinya yang banyak,” ujarnya.

Di akhir acara, Edi Umaedi mengajak guru dan siswa untuk mencicipi olahan bakso ikan yang telah matang.

“Gemarikan merupakan program yang digagas Bupati Nina Agustina dalam upaya memenuhi kebutuhan gizi masyarakat terutama anak-anak dan untuk mencegah stunting. Semjoga Indramayu Zero Stunting segera tercapai untuk mendukung terwujudnya Indramayu Bermartabat,” pungkasnya. (Jono)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama