Dua Kali Percobaan Evakuasi Kapolda Jambi Selalu Gagal

Jambi :

Dua kali percobaan evakuasi rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono melalui jalur udara yang dilakukan hari ini, Selasa (21/2/2023) pagi, gagal dilakukan karena cuaca buruk dan berkabut serta hutan yang lebat

Percobaan dilakukan pada pukul 07.00 dan 09.00 WIB dengan menerbangkan dua helikopter menuju lokasi rombongan yang berada di tengah hutan Bukit Tamiai, Kerinci, Jambi.

"Dua heli sudah terbang jam 07.00 dan jam 09.00 WIB. Semua gagal dan tidak berhasil melakukan evakuasi karena cuaca buruk," kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto, saat konferensi pers di Jambi, Selasa, (21/2/2023)

Mulia menjelaskan, meski pagi tim yang diterjunkan gagal untuk melakukan Evakuasi , evakuasi akan terus diupayakan sampai Kapolda dan tim bisa di berangkatkan

Sudah ada empat helikopter yang dilengkapi peralatan "hoist" atau alat penarik, untuk mengangkut rombongan naik ke helikopter.

"Kalau cuaca bagus, langsung dilakukan evakuasi. Semua tim dan heli sudah sangat siap untuk melakukan evakuasi," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi sempat dihentikan sementara, Senin (20/2/2023).

Penghentian karena terdapat kabut tebal yang datang secara tiba-tiba saat helikopter datang untuk mengevakuasi para korban.

"Kurang lebih 10 kilometer awalnya (jarak pandang). Tapi saat di atas titik koordinat, timbul kabut yang tebal dan ada angin kencang. Tidak terlihat lagi ke bawah," ujar Kepala Operasi Basarnas Jambi, Manca.

Para korban terpaksa menginap di tenda darurat dalam kondisi terluka dengan peralatan seadanya

Rombongan ini juga dijaga dan dirawat dua tim SAR yang datang dari jalur darat, serta satu tim yang datang dari jalur udara, yang totalnya sekitar 30 orang (Arifin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama