Monitoring Genangan Air, Camat Pasekan Ajak Warganya Bergotong Royong

Indramayu : 

Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua warga masyarakat. Tidak hanya pemerintah, melainkan setiap masyarakat harus turut andil dalam memelihara kebersihan lingkungannya masing-masing terutama dalam pengelolaan sampah.

Hal tersebut disampaikan Camat Pasekan, Haryono dalam kegiatan monitoring genangan air yang dilakukan bersama dengan Kuwu Desa Pasekan, Andi Suwandi dan Kuwu Desa Totoran, Tomo di Blok 2 Desa Pasekan dan Blok Bonjot, Desa Totoran, Senin (27/2/2023).

“Kebersihan merupakan tanggung jawab bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Haryono menjelaskan, kegiatan monitoring tersebut dilakukan guna mengantisipasi meluasnya genangan air hingga merendam rumah warga diakibatkan curah hujan yang cenderung tinggi.

“Kegiatan ini kami lakukan guna memastikan genangan air yang diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini tidak membahayakan terhadap keselamatan warga, dan alhamdulillah genangan air nya sudah surut saat hujannya reda,” ungkapnya.

Dari hasil monitoring yang dilakukan, genangan air tersebut disebabkan tidak mampunya saluran air di sekitar rumah warga dalam menampung air hujan yang diakibatkan sumbatan pada saluran oleh sampah.

Menindaklanjuti hal tersebut, Camat Haryono memerintahkan seluruh kuwu dan jajarannya untuk mengambil langkah pencegahan dan antisipasi terkait dengan genangan air tersebut di kemudian hari. Dimana hal tersebut mendapat respon baik dari masing-masing pemerintah desa, dimana pemerintah desa akan mengalokasikan dana desa untuk pemeliharaan saluran melalui program padat karya.

“Kami telah mengerahkan kuwu dan jajaran untuk selalu memantau segala yang terjadi di wilayahnya dan segera melakukan langkah antisipasi bila terjadi sesuatu. Kemudian untuk pemeliharaan saluran ini, para kuwu beserta masyarakat akan bersama-sama melaksanakan program padat karya, dimana kegiatan tersebut akan didanai dari dana desa,” jelasnya.

Diharapkan Haryono, warga dapat terus memelihara kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta meningkatkan sikap gotong royong dalam menjaga lingkungan terutama menjaga kebersihan saluran air, sehingga air dapat mengalir dengan semestinya tanpa tersumbat oleh sampah.

“Mari kita tingkatkan gotong royong terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan, terlebih kebersihan saluran air, supaya ketika diguyur hujan deras, air pada saluran dapat mengalir dengan lancar dan tidak tersumbat sehingga tidak akan terjadi genangan air bahkan banjir yang merendam permukiman,” pungkasnya. (Rakiyah/Wilik)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama